Cari Artikel di GBR Elektronik





Selasa, 07 Januari 2014

Akira Gambar Belang Sebelah

Sekedar berbagi pengalaman dengan rekan tuser semua mungkin suatu saat menemukan kasus tv gambar ada belang merah di pinggir sebelah kiri tetapi pada posisi av atau saat muncul blueback warna birunya bersih mulus.. Kebetulan tv bermerek Akira.
Pertama saya mengira penyebabnya dari PTC yang rusak ternyata bukan, begitu PTC di ganti ternyata sama saja.

Setelah sekian lama belum ketemu juga iseng saya analisa komponen apa saja yang telah saya ganti... Transistor horizontal adalah komponen yang pertama aku ganti karena memang mati.. Setelah aku cek ternyata itu transistor Regulator, iseng aku ganti dengan Transistor Horizontal ternyata Belang merahnya hilang.

Kesimpulan saya adalah kemungkinan tv memerlukan dioda dumper yang telah ada di dalam transistor Horizontal.
Semoga bermanfaat.

Sponsor Link :

Baca Juga


2 komentar:

Memang betul kang , saya juga pernah mengalami hal seperti itu namun beda merk,waktu itu karena faktor capai atau apa jadi lupa jenis transistor yang asli ada dioda damper atau tidak, karena sudah short jadi sulit melacaknya. Akhirnya saya ganti aja pakai transistor yang normal, tapi setelah tv menyala sebelah kanan dan kiri ada warna hitam, sempat bingung juga namun akhirnya ketemu ternyata salah transistor karena tidak ada dampernya.

Sangat berharap, semoga web ini menjadi web yang terdepan dalam menyajikan informasi yang mencerahkan

Mau berlangganan Artikel Masukkan alamat emailmu:

Delivered by FeedBurner

GBR ELEKTRONIK
Jl Gambiran no 73 umbulharjo yogyakarta 55161
Menerima servis panggilan LCD,LED TV,KULKAS,MESIN CUCI,DLL
Untuk wilayah yogyakarta dan sekitar

HP : 085103439933

Email : gbrzone@gmail.com
WA : 085103439933
FB Messenger : gbrzone@gmail.com

Facebook
Twitter